Perkampungan Budaya Betawi



Perkampungan Budaya Betawi adalah suatu kawasan di Jakarta Selatan dengan komunitas yang ditumbuh kembangkan oleh Budaya yang meliputi gagasan dan karya baik fisik maupun non fisik yaitu: adat istiadat, foklor, sastra, kuliner, pakaian serta arsitektur yang bercirikan kebetawian.

Kawasan Perkampungan Budaya Betawi terletak di Kelurahan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarta, Kota Administrasi Jakarta Selatan, dengan luas sekitar 289 Hektar. Batas fisik sebelah utar: Jl. Mochammad Kahfi II sampai dengan Jl. Desa Putra (Jl. H. Pangkat). Sebelah Timur Jl. Desa Putra (Jl. H. Pangkat) Jl. Pratama (WIKA, Mangga bolong Timur) Jl. Lapangan Merah. Sebelah Selatan: Batas Wilayah Propinsi DKI Jakarta dengan Kota Depok. Sebelah Barat: Jl. Mochammad Kahfi II.

Dalam kawasan seluas itu dapat dengan mudah dijumpai aktifitas keseharian masyarakat Betawi seperti Latihan Pukul (Pecak Silat), Ngederes, Aqiqah, Injek Tanah, Ngarak Pengantin Sunat, Memancing, menjala, Budi Daya Ikan Air Tawar, bertani, berdagang hingga pada kegiatan memasak makanan khas Betawi seperti sayur asem, sayum lodeh, soto mie, soto babat, ikan ecak, bir pletok, jus belimbing, kerak telor, laksa, toge goreng, dodol, tap uli, grplak, wajik, dll.

Sebagai kawasan wisata budaya, wisata agro, dan wisata air. Perkampungan Budaya Betawi memiliki potensi lingkungan alam yang asri dan sangat menarik, yang sulit dijumpai d tengah hiruk pikuknya kota Jakarta. Dua buah setua alam yang ada di Perkampungan Budaya Betawi, yaitu Setu Babakan dan Setu Manggabolong yang dikelilingi hijau dan rindangnya pohon-pohon buah khas Betawi seperti kecapi, belimbing, rambutan, sawo, pepaya, pisang, jambu, nangka, namnam yang tumbuh sehat membumi di halaman depan, di samping, dan di antara rumah-rumah penduduk Betawi sebagai obyek wisata yang paling lengkap dan menarik serta menjadi pilihan bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Potensi Wisata

Perkampungan Budaya Betawi sebagai pilihan utama para wisatawan lokal maupun mancannegara, memiliki potensi dan daya tarik yang luar biasa karena hanya di Perkampungan Budaya Betawi wisatawan dapat menikmati tiga obyek wisata sekaligus wisata budaya, wisata agro, dan wisata air.

Seharian di Perkampungan Budaya Betawi akan terasa keramah tamahan penduduk. Aktifitas tradisional dan lingkungan alam yang asri menjadikan wisatawan tambah betah berlama-lama di Perkampungan Budaya Betawi. Untuk kunjungan yang memerlukan waktu lama (Penelitian, rekreasi, dan pelatihan kesenian) tersediaan fasilitas home stay sebanyak 67 unit rumah adat.

Wisata Budaya

Wisata Bidaya adalah suatu kegiatan sebagai upaya menumbuhkan kembali nilai-nilai tradisional yang dikemas sehingga layak tampil, layak tonton, dan laya jual. Wisata Budaya yang dapat dinikmati langsung adalah:
- Pergelaran Seni Musik, Tari, dan Teater tradisional di arena teater terbuka.
- Pelatihan Seni Tari, Musik, dan Teater tradisional bagi abak-anak dan rejama

Atraksi wisata di Perkampungan Budaya Betawi dan Prosesi Budaya (Upacara Pernikahan, Sunatan, Qatham Qur'an, Aqiqah, Nujuh Bulanan, Injak Tanah, Ngederes, dll)
- Latihan Silat Betawi setiap malam jum'at

Hasil indrustri rumah tangga seperti (Souvenir, bir pletok, jus belimbing, kerak teror, laksa, toge goreng, gado-gado, soto, ikan pecak, dodol, geplak, wajik rangi, rengginang, tape uli, lapis talam, onde-onde, dll)
- Aktifitas tradisional masyarakat Betawi seperti bercocok tanam, menjala, dan memancing ikan, budi daya ikan air tawar, dll.


Wisata Air

Wisata air adalah upaya meningkatkan daya tarik wisata dari aspek olah raga air yang mampu menarik wisatawan. Duaa buah setu yang dimiliki oleh Perkampungan Budaya Betawi, yaitu Setu Babakan dan Setu Manggabolong telah menjadikan Perkampungan Budaya Betawi sebagai tempat wisata yang paling menarik dan menjanjikan. Wisata air yang dapat dinikmati saat ini adalah sepeda air, olah raga kano, dan memancing.

Wisata Agro

Wisata agro adalah suatu bentuk kegiatan parwisata yang memanfaatkan usaha pertanian (*agro) sebagai objek wisata dengan tujuan rekreasi, keperluan ilmu pengetahuan, memperkaya pengalaman dan memberikan peluang usaha di bidang pertanian. Yang menjadi daya tarik dan keunikan wisata agro di Perkampungan Budaya Betawi adalah lokasi pertanian tidak berada khusus, melainkan berada dipekarangan dan di halaman rumah-rumah penduduk, sehingga bila musim buah tiba, ranumnya aneka buah khas Betawi dapat menggiurkan para wisatawan untuk singgah di rumah-rumah penduduk dan bergegas memetik buah untuk diberikan kepada wisatawan sebagai tabda hormat.

Agenda Kegiatan

Agenda kegiatan di Perkampungan Budaya Betawi terbagi atas:

1. Agenda Tahunan:
    - Pekan Desember
    - Pergelaraan Kesenian Nuansa Islami
    - Pekan Lebaran

2. Agenda Rutin
    - Pergelaran Rutin (Pergelaran Kesenian Betawi setiap hari Sabtu dan Minggu)

3. Agenda/Kegiatan Insidentil
    Kegiatan insidentil di Perkampungan Budaya Betawi dilakukan oleh masyarakat umum, pemerintah atau swasta untuk kegiatan hiburan, pertemuan, pengembangan, dan pembinaan yang tidak menyimpang dari vsi dan misi Perkampungan Budaya Betawi.


(NAZ)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Buah Sedunia di Rumah Makan Betawi (RMB) Setu Babakan

Training Pengecatan kepada PHL UPK PBB Setu Babakan

Persiapan Lebaran Betawi 2017 di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan